Demak — Untuk keamanan dan kenyamanan,puluhan anggota Kodim 0716/Demak melakukan pemeriksaan kesehatan standar protokol kesehatan berupa rapid test. Sebanyak 30 anggota TNI di-rapid test guna mengetahui keadaan tubuh apakah terpapar virus corona atau tidak. mengarah ke corona atau tidak. Kegiatan berlangsung di Aula Makodim 0716/Demak Jln Kyai Singkil no 01 Kabuapten Demak.Senin 22-06-2020.


Dandim 0716/Demak yang diwakili Kepala Staf Kodim(Kasdim) Mayor Inf Kadarusman mengatakan, kegiatan rapid test  yang dilaksanakan merupakan upaya satuan dalam melakukan pengamanan terhadap personelnya di tengah pandemi Covid-19.

"Kita juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Demak. Saat pelaksanaan rapid test kita mengacu pada protap protokol kesehatan yang sesuai dengan arahan baik dari Komando atas maupun Pemerintah," katanya.

Mayor Kadarusman mengatakan, tujuan rapid test dilaksanakan untuk mendeteksi kondisi personel Kodim 0716/Demak apalagi bagi personel kami yang selalu berinteraksi dengan masyarakat serta meyakinkan kepada masyarakat bahwa aparat keamanan benar-benar tidak ada yang terdampak dan terpapar Covid-19.

"Dari hasil yang diperoleh saat rapit test kali ini, tidak di temukan personel yang reaktif. Ini merupakan suatu konsekuensi dari kedisiplinan kita dalam mendukung tugas-tugas anggota dilapangan yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19.

Ditambahkannya, rapid test ini penting sebagai bentuk antisipasi dini, agar personel yang sehari-sehari berada di lapangan, bisa mengetahui kondisi kesehatannya. Ungkap Kasdim.


Kasi Survelen dan Pencegahan Dinkes Kab.Demak Bpk.Subandi,Amkl menambahkan kegiatan pagi ini dilaksanakan Rapit test atau RDT dengan tujuan untuk mengetahui ada gejala reaktif atau negatif covid-19.


Tindakan lanjutan nanti apabila reaktif,maka akan dilaksanakan pengambilan swab yang akan dilakukan berturut-turut selama 2 hari dan nantinya akan ada hasil untuk pasien. Dan apabila pasien dengan hasil positip maka akan dilaksanakan tindakan perawatan dan karantina bagi pasien serta dilaksanakan evaluasi dengan prosedur kesehatan. Untuk hasil pemeriksaan prajurit Kodim 0716/Demak semuanya hasilnya Negatif.Ujar Subandi.